Edisi Agustus - Mari kita melek sejarah...
Mempelajari data ššššš„ š¤šš¦ššš¢šš§ ššš°š šš¢ š¬šš¤š¢ššš« ššš”š®š§ šššš selalu tampak “dingin”, angka yang naik turun seperti nada datar. Tapi begitu kau menatap š„šØš§š£šš¤šš§ šššš (ššš°š ššš§š šš” šš,š%, ššš°š šš¢š¦š®š« šš%), rasa-rasanya data itu menunjukan teriakan anomali: ada sesuatu yang diputus dari tubuh bangsa ini. Pertanyaannya bukan sekadar “apa penyebabnya,” melainkan: š¬šš£šš¤ š¤šš©šš§ šš®šš®š” šØš«šš§š -šØš«šš§š šš®š¬šš§ššš«š šš¢šš®šš š«šš©š®š”?
Jawabannya memaksa kita mundur jauh: šššš š¤š-šš. Setelah ššš²šš¤šš«šš šš¢ššš¤šš« š”ššš¢š¬ š©ššš šššš šØš„šš” ššš§ šš¢šššš«š¬š³šØšØš§ ššØšš§, karena VOC ingin menguasai pelabuhan dan memutus jalur perdagangan bebas—muncullah rencana besar: membangun kota baru bernama šššššÆš¢š. ššš§šš” š²šš§š šš¢š©š¢š„š¢š” ššš šššš„šš” š«šš°š-š«šš°š, š„šš¦ššš©, ššš§ š©šš§š®š” š§š²šš¦š®š¤. ššš«š¢ š¬š¢š§š¢š„šš”: šššššÆš¢š š¬š®ššš” š«šš©š®š” š¬šš£šš¤ š„šš”š¢š«.
Orang Jawa sendiri sejak lama sudah sangat sadar pada šš¤šØš„šØš š¢ ššš§šš”. Mereka tahu, š«šš°š šš®š¤šš§ ššš¦š©šš š²šš§š š«šš¦šš” š®š§šš®š¤ šš¢š£ššš¢š¤šš§ š”š®š§š¢šš§. Tanah becek, air tergenang, dan udara lembap adalah rumah bagi nyamuk, penyakit kulit, hingga demam tropis. Karena itu, orang Jawa hampir tidak pernah membangun permukiman besar di wilayah rawa terbuka.
Rawa lebih sering diperlakukan sebagai š«š®šš§š š©šš§š²šš§š š š: tempat sawah musiman (lebak), ladang padi tadah hujan, atau kolam ikan darat seperti lele, gabus, dan belut. Kadang juga jadi sumber bahan alami, tanaman obat, kayu, dan anyaman dari tumbuhan air. Tetapi untuk menetap, membangun desa, apalagi kota, orang Jawa lebih memilih ššš§šš” š²šš§š š¤šš«š¢š§š ššš§ š¬š®šš®š«: tepian sungai besar seperti Bengawan Solo atau Brantas, dataran aluvial yang tidak tergenang, atau lereng bukit yang sehat untuk pernapasan. Mereka paham, hidup di rawa artinya hidup berdekatan dengan penyakit. Maka rawa dipakai secukupnya, tapi tidak pernah dijadikan pusat kehidupan.
Nah apa yang terjadi setelah VOC mendirikan Batavia di atas wilayah pilihannya? Tahun-tahun 1620-an, š«š¢šš®šš§ šØš«šš§š š¦ššš¢ di sekitar kota baru itu: gagal panen, wabah, sanitasi buruk. Di kertas arsip Belanda, itu dibaca sebagai “musibah.” Tapi bagi mereka yang datang dari Eropa, Batavia bahkan dijuluki “ššš ššššš ššš’š ššššššššš ”, kuburan orang kulit putih. Karena begitu banyak pejabat, prajurit, bahkan keluarga Belanda yang tewas oleh š¦šš„šš«š¢š, šš¢š¬šš§šš«š¢, ššš§ š¤šØš„šš«š, sampai-sampai Batavia dianggap š¤šØšš š²šš§š š¦šš§šš„šš§ š©šš§ššššš§š š§š²š š¬šš§šš¢š«š¢.
Tetapi di balik istilah itu tersembunyi fakta lain: fakta yang tidak bisa dipungkiri, orang-orang pendatang dari wilayah Eropa, termasuk Belanda pada waktu itu pada dasarnya sangat š£šØš«šØš¤. Mereka šš¢ššš¤ š¤šš§šš„ ššššØš¤ š©šš¤šš¢ šš¢š« š¬šššš„šš” šš®šš§š š”šš£šš.(Gak tahu apakah sekarang mereka sudah bisa cebok apa belum). Jaman dulu, mereka biasa ššš šš¢ š°šššš” ššš§šš” š„š¢šš šššš® š„šØš šš¦ šš¢ ššš„šš¦ š«š®š¦šš” (š©š¢š¬š©šØš). ššš š¢š§š²š, š¢š¬š¢ š©šØš š¢šš®… šš¢š§š š šš„ šš¢š„šš¦š©šš« š¤š š£šš„šš§ šššš® š¤š š©šš«š¢š. Di Eropa, termasuk Amsterdam ada tradisi teriak “šššš šš š’ššš!” (šš°šš¬ šš¢š«!) sebelum lempar kotoran dari jendela. Di Batavia? Ya, langsung ke kanal atau got yang sudah penuh air rawa.
ššššššš§ ššš sendiri menyebutkan betapa cepatnya orang Belanda mati di Batavia karena “š®ššš«š ššš«ššš®š§” (šššššššš š ššššš). Padahal yang bikin racun ya mereka sendiri—campuran rawa, kanal stagnan, dan kotoran yang menumpuk. Tak heran Batavia dijuluki “šÆšš š®ššš š šš šÆšššššš ššš”– š¤š®šš®š«šš§ šØš«šš§š ššš„šš§šš.
Orang ššš°š, šš®š š¢š¬, ššš„š¢, šš„š„. dari dulu sudah terbiasa cebok dengan air setelah buang hajat, mandi di sungai atau sumur, bahkan punya tradisi š«š®š°šššš§ šš®šš®š” lewat mandi bunga, boreh, lulur, bahkan ratus. Dan buang air biasanya di sungai yang mengalir (bukan kanal mampet), atau di kebun/lahan yang menyerap. Ditambah kebiasaan jamu, mandi sehari dua kali, dan memang hidup lebih dekat dengan alam.
“šš«šØš§š¢š¬š§š²š, šØš«šš§š šš«šØš©š š²šš§š š¤šš§š²šš§š ššš§š šš§ š©šš¬šØš¤šš§ š¦šš¤šš§šš§ š¬šš£š šš®š¦ššš§š šØš„šš” š©šš§š²šš¤š¢š šššššÆš¢š. ššš„š®, ššš šš¢š¦šš§š š§šš¬š¢š š©šš§šš®šš®š¤ š„šØš¤šš„ š²šš§š šš¢š©šš¤š¬š š„šš©šš«, – ššš§šš”š§š²š šš¢š«šš¦š©šš¬, š¬šš°šš”š§š²š šš¢š šš§šš¢ šššš®, ššš§ š©šš¤šš§š§š²š š”ššš¢š¬ ššš¦š¢ š¦šš¦š®ššš« š¦šš¬š¢š§ š¤šØš„šØš§š¢šš„ š¦šš¬š¢š” šš¢ššš¦ššš” š©šš§š²šš¤š¢š-š©šš§š²šš¤š¢š š²šš§š šš¢šš¤š¢šššš¤šš§ š¤šš£šØš«šØš¤šš§ šØš«šš§š -šØš«šš§š ššš„šš§šš?”
Ketika tubuh lokal runtuh, VOC mengisi kekosongan itu: š¦šš§ššššš§š š¤šš§ šØš«šš§š ššš«š¢ šš¦ššØš§, ššš„š¢, šš®š š¢š¬, šš¢šØš§š š”šØš, š£š®š š šš«šš, ššš«š¢š¤š ššš§ šš§šš¢š. Batavia butuh buruh untuk membangun kanal, benteng, rumah, juga ladang tebu, kelapa, dan tanaman dagang lainnya. šš«šš§š šš¦ššØš§, ššš„š¢, ššš§ šš®š š¢š¬ ššš§š²šš¤ šš¢š©šš¤šš¢ š¬šššš šš¢ š¤š®š„š¢ š¤šØš§šš«šš¤ šššš® šš®ššš¤. Orang Ambon & Bugis terkenal sebagai š©š«šš£š®š«š¢š ššš§š š š®š”. VOC sengaja rekrut mereka untuk jadi serdadu, jaga benteng, bahkan “pengaman” internal dari pemberontakan orang Jawa. š©šØš„š¢šš¢š¤ š©šššš” ššš„šš”: orang Nusantara dipakai melawan sesamanya.
šš«šš§š šš¢šØš§š š”šØš, šš«šš, ššš§ šš§šš¢š masuk sebagai penggerak perdagangan. VOC butuh mereka karena punya š£šš«š¢š§š šš§ ššš šš§š š¤š®šš (misalnya Tionghoa di jalur Asia Timur, Arab & India di jalur Samudera Hindia). Tapi sekaligus VOC menjadikan mereka ššš¦šš§š šš¤šØš§šØš¦š¢ – biar kalau ada konflik harga, yang kena duluan bukan Belanda, tapi para pedagang perantara ini.
Nah untuk mengisi š¤šš¤šØš¬šØš§š šš§ ššš¦šØš š«ššš¢š¬, di sinilah muncul strategi JP Coen. Ia mengusulkan agar ššš–ššš šš§šš¤ š²ššš¢š¦ ššš«š¢ ššš„šš§šš didatangkan, dengan komposisi dua perempuan untuk satu laki-laki. Perempuan-perempuan itu rencananya disekolahkan di lš„šš¦ššš š š¤š”š®š¬š®š¬ ššš hingga dewasa, lalu dijodohkan dengan pria Belanda yang “layak.” Wacana ššš–ššš šš§šš¤ š²ššš¢š¦ ššš«š¢ ššš„šš§šš ini menuntun kita pada keterkaitan produksi bayi masal dengan istilah šššš ššššššš: ššš²š¢-ššš²š¢ š²šš§š šš¢šš¢š©ššš¤šš§ ššš«š¢ š¦šš¬š¢š§ š¢š§š¤š®ššššØš« memotong jalur inkarnasi jiwa leluhurnya, sehingga memorinya ‘lost’. Anak yatim itu, dengan kata lain, adalah š¦šš§š®š¬š¢š ššš§š šš§ š¤šš¬šššš«šš§ šš®šššš§. Dari sinilah awal-mulanya istilah “šš§šš¤ š²ššš¢š¦ š²šš§š šš¬š„š¢.”
Kembali pada kota buatan VOC, lalu datang komoditas yang tampaknya polos tapi mematikan: š š®š„š, yang dikenal dengan istilah šš¦šš¬ š©š®šš¢š” Sekitar 1630-an, VOC menanam tebu di sekitar Batavia. ššš¤š§šØš„šØš š¢ š š¢š„š¢š§š šš§ ššš§ šØš„šš” š š®š„š ššš§š²šš¤ šš¢š šš«šš¤š¤šš§ š¤šØš¦š®š§š¢ššš¬ šš¢šØš§š š”šØš (yang sudah punya tradisi tebu sejak lama, jauh sebelum Belanda datang). šššš-šš§, šššššÆš¢š š¦šš§š£šš„š¦š š¤šØšš š š®š„š: š©š®š„š®š”šš§ š©ššš«š¢š¤ ššš«šš¢š«š¢, š¤šš©šš„-š¤šš©šš„ ššš«š„šš²šš« š¦šš¦ššš°š š¤š«š¢š¬ššš„ š¦šš§š¢š¬ š¤š šš«šØš©š, š¦šš¦šš¬šØš¤ ššš§šš® ššš«š® š®š§šš®š¤ ššš”, š¤šØš©š¢, ššš§ ššØš¤šš„šš.
Batavia sampai dijuluki sebagai “ššššš ššššššš šš ššš š¬ššš.” š¬š®š«šÆšš¢ ššš”š®š§ šššš ada ššš š©ššš«š¢š¤ š š®š„š yang beroperasi di wilayah Batavia, tanda bahwa kota ini tumbuh dari gula, bukan sekadar dipoles oleh proses kolonial. Mereka muncul di tepi sungai sebagai š©ššš«š¢š¤ š§š²ššš, mencetak šš¦šš¬ š©š®šš¢š” masif ke Eropa. Penduduk lokal berubah jadi šš®š«š®š” š©šš«š¤ššš®š§šš§ šššš®, š©šš§š šš§š š¤š®š, š©šš§š šš«š¢š§š ; š¬šš„š®š«š®š” šš®šš®š” šš®š¬šš§ššš«š ššš«š¬šš«šš š¤š ššš„šš¦ š¦šš¬š¢š§ š š®š„š š²šš§š šš¢ššš¤ š¦šš§š®š¬š¢šš°š¢.
Untuk Eropa: š¦šš§š¢š¬. Untuk Jawa: š©šš”š¢š.
ššš§šš©š š©šš”š¢š? Sawah beras yang seharusnya jadi sumber hidup rakyat, dipaksa jadi ladang tebu. Hasilnya? šš«šš§š šš®š¬šš§ššš«š š²šš§š ššš«ššš šš¢ ššš°š š¤šš„šš©šš«šš§, šš®šš®š” š¤š®š«š®š¬ š£ššš¢ šš®š«š®š” š¦š®š«šš”, sementara šØš«šš§š š¤š®š„š¢š š©š®šš¢š” š©š®š§ ššš«š š®š š®š«šš§ di rawa wabah. šššš®š§ š¤šš„šš©š yang biasa jadi sumber minyak, gula kelapa, dan bahan bangunan juga dialihfungsikan ke tebu. Artinya: š©šš§š šš§ š©šØš¤šØš¤ š”š¢š„šš§š , š©šš«š®š š„šš©šš«, š¢š¦š®š§š¢ššš¬ šš§š£š„šØš¤.
Di atas kertas, itu disebut “šš¤šØš§šØš¦š¢ š©šš«š¤ššš®š§šš§.” Tapi di dalam tubuh manusia Nusantara, itu berarti š©šš¦š®šš®š¬šš§ š£šš„š®š« šššš-ššššššš : orang yang lapar dan lemah tak lagi mampu mengaktifkan jalur penyembuhannya sendiri—meski Nusantara kaya š£šš¦š®, š”šš«ššš„, š¦ššš®, ššš§ š š®š„š šš„šš¦š¢ (šš«šš§, š¤šš„šš©š).
šš®š„š š©š®šš¢š” šš®š¤šš§ š¬šš¤šššš« š©šš¦šš§š¢š¬; š¢š šššš„šš” šš«š¬š¢ššš¤šš®š« š¤šØš§šš«šØš„: š¦šš¦šš®šš šš®šš®š” š¤šššš«š šš§šš®š§š šš§, š¦šš¦šš®šš ššš¬š š¤šš”š¢š„šš§š šš§ ššš«šš¬, š¦šš¦šš®šš š«šš¤š²šš šššš šš¢ ššš°šš” š¦šš¬š¢š§ šš¦šš¬ š©š®šš¢š”. Gula yang manis di meja makan Eropa sesungguhnya š©šš”š¢š ššš«šš” ššš§ šš¢š« š¦ššš šš¢ ššš§šš” šš®š¬šš§ššš«š. Ia bukan sekadar komoditas, š¦šš¬š¢š§ š¤šØš„šØš§š¢šš„ š²šš§š š¦šš§š š”š¢š¬šš© š§ššš¢ šš®š¬šš§ššš«š.
Lebih ironis lagi: š š®š„š šš¢š£ššš¢š¤šš§ ššš§šš®, diekspor untuk keuntungan Eropa, sementara rakyat yang menanam tebu justru kehilangan makanan pokok. Hingga kini, gula bahkan masih diimpor—padahal kita sudah tahu gula adalah biang rapuhnya kesehatan. Kalau negara benar-benar sayang rakyatnya, mestinya tidak begini.
“Makanya, jangan heran kalau sampai sekarang selalu ada ‘‘šš«šš¦š š š®š„š’—dari harga sampai penyakit. Itu bukan kebetulan, melainkan warisan panjang yang ditanam sejak berabad lalu. ššš£šš«šš” šš¢ š¬šš¤šØš„šš” š¤š¢šš š£šš«šš§š š¦šš§š š¢š¬šš”š¤šš§ š¢š§š¢, jadi seolah-olah masalah gula itu baru muncul. Padahal sejak dulu gula selalu membawa konflik, mulai dari tanah yang dipaksa jadi ladang tebu, sampai persaingan antar pelaksana. Sejarah sudah berkali-kali memberi tanda: š¦šš§š¢š¬ š¢šš® šš¢š¬š š¦šš§š¢š©š®.”
Dear rakyat Indonesia, termasuk diriku, š¤š®š«šš§š š¢š„šš” š š®š„š š©š®šš¢š”.Kembalilah š š®š„š šš«šš§, š š®š„š š¤šš„šš©š, šššš® š¦šš§š¢š¬ šš„šš¦š¢ dari resep moyang-moyang dulu, gali kembali resep yang dulu walau sudah ratus-ratusan tahun, nggak usah kebanyakan suloyo, silahkan mencari, ada kok pasti catatannya... Dengan kesehatan prima, 80% kekayaan sudah kita miliki, selebihnya upaya mencukupi kebutuhan.
šŗšššš-šššššššš šššššš, šššššš š°šš šššššš...
Komentar
Posting Komentar